Pages

Jumat, 01 Mei 2015

Program Kreativitas Nugget Kulit Manggis , SMAN 1 Sumberrejo Bojonegoro Jawa Timur


Ditengah persaingan lembaga pendidikan jenjang SMA dengan SMK ,maka pengelola ditiuntut untuk memiliki unique selling proportional untuk membekali siswa memiliki life skiil ,disamping penyelenggaraan pendidikan jejang SMA adalah   meningkatkan pengetahuan siswa untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Sekaligus meningkatkan kemampuan siswa sebagai kecakapan sosial dalam berinteraksi  dengan  anggota masyarakat.

Oleh karena itu program bimbingan life skill menjadi mutlak sebagaimana tercantum  surat keputusan bersama Mendikbud dan Kepala BAKN no. 0433/P/1993 dan no. 25 tahun 1993 serta SK Mendikbud no. 025/O/1995 menyebutkan: Bidang Bimbingan ada 4 yaitu: Bimbingan pribadi,Bimbingan social, Bimbingan belajar dan Bimbingan karier.


“By teacher  instruction and example, help the student learn that he can gain people’s friendship if  they shows an interest in them,give them support ,and develops skill and personal characteristics that they find valuable and attractive”. Child Development, Friendship claims and expectations children and adult.

Siapa yang tak kenal nugget nugget adalah makanan siap sajai yang sudah dikenal masayarakat terbuat dari daging sapi ,ayam dan ikan atau udang. Namun siap sangka jika ditangan siswa siswi  SMAN 1. Sumberrejo Bojonegoro   sekolah yang berada Kabupeten Bojonegoro berjarak kurang lebih 96 Km dari  Surabaya ibukota Jawa Timur  ini , menciptakan inovasi  produk nugget berbahan baku kulit manggis dengan bimbingan khusus seorang guru pembina produk nugget kulit manggis sebagai kegiatan ektrakulikuler sekaligus produk unggulan sekolah. Tentu bukan saja unik namun juga menarik untuk disimak lebih jauh.

Nugget kulit manggis terdiri dari beberapa bahan diantaranya kulit manggis yang sudah diambil dalamnya, roti tawar ,telur ayam kampug ,wortel ,kentang ,bawang putih ,garam secukupnya ,minyak goreng dan margarin . Sedangkan pelapis nugget terdiri dari telur ayam ,tepung roti/panir .

Berawal dari banyaknya kulit manggis yang terbuang percuma ,para siswa diajarkan untuk berpikir kritis bagaimana memanfaatkan kulit manggis yang mengandung  senyawa  Xantone yang berkhasiat sebagai anti oksidan. Daya kritis dan kreatifitas siswa disah untuk menciptkan produk yang unik dan berbeda dipasaran dengan produk sebelumnya. Perbedaan ini penting bagi sebuah penemuan “produk baru” agar bisa diterima oleh masyarakat karena tanpa diferrentiation maka sulit dikatakan sebagai penemuan karya kretifitas lantaran sama dengan produk temuan sebelumnya.  Disinilah siswa belajar untuk to be sensitivy to the reality dan how to be creative.

Sebagaimana tercantum pada salah satu misi  SMAN 1 Sumberrejo  yakni berupaya mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya ,sehingga dapat dikembangkan secara optimal untuk meraih suatu prestasi. Sehingga dalam perkembangannya peserta didik memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi serta pengalaman belajar yang menantang dan menyenangkan. Sehingga muncul daya kreatifitas siswa.  Dalam hal ini SMAN 1 Sumberrejo Bojonegoro menyediakan kegiatan ektrakulikuler untuk mengakomodasi daya kreatifitas siswa.

Daftar pustaka
Kank Hari Konsep Kehumasan Pelayanan Prima Pendidikan
Naskah : Ragam Pendidikan ,Prod UPT Tekkomdik  Dinas Pendidikan Jawa Timur : SMAN 1 Sumberrejo Bojonegoro  


0 komentar:

Posting Komentar