Pages

Selasa, 26 Mei 2015

Seniman Panggung Teater Oleh Siswa Siswi SMP Ahmad Yani Batu

Siapa sangka jika yang mengisi pangung hiburan rakyat di balai desa itu dalam acara ludruk rakyat itu adalah seniman seniwati pelajar SMPN Ahmad Yani  Kota Batu  yang memerankan lakon sawunggaling dengan sangat menawan. Tak heran jika seluruh warga desa Temas kota Batu menyaksikan tontotan kesenian tradisional ludruk betah berlama lama mengikuti seluruh rangkaian episode yang ditampilkan oleh para pemain yang lengkap dengan gamelannya. Tidak jarang mereka berdecak kagum atas akting para aktor yang memerankan lakon protagonis maupun antagonis secara sempurna,mereka seakan lupa bahwa para aktor tersebut adalah siswa siswi SMPN Ahmad Yani Kota Batu lantaran saking bagus nya peran yang diperankan.

Sebagaimana dikatakan  Anthony Burton dalam “Anthroplogy of the Young” : “mereka  mulai mengembangkan pemikiran, perasaan dan sikap khusus untuk diri mereka sendiri.....,Pada saat   yang sama mereka memiliki pandangan terhadap banyak aktivitas kultural yang secara aneh merupakan milik mereka sendiri.


Kurikulum yang dikembangkan di SMP Ahmad Yani Batu  dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah /karakteristik daerah ,sosial masyarakat setempat dan peserta didik.  Sekolah menyediakan berbagai kegiatan ekstrakulikuler yang disesuaikan minat setiap peserta didik dan melibatkan masyarakat dalam pengembangan ekstrakulikuler.

Ekstrakulikuler teater merupakan wadah bagi siswa siswi yang memiliki minat dan bakat pada seni peran, mengingat bahwa local wisdom di lingkungan sekolah adalah seni pertunjukan seperti ludruk dan ketoprak  oleh karena itulah alasan utama sekolah ini fokus pada penyelanggaraan ektrakulikuler teater   diadakan.  Ekstrakulikuler teater merupakan sarana pembentukan dan pengembangan pendidikan karakter dan pembentuk kepribadian siswa  seperti rasa percaya diri ,performance dan citra diri siswa. Disamping itu  tentunya sekolah ini juga membangun karakter cinta tanah air melalui kecintaan pada budaya asli daerah.   

Seperti yang dikatakan  Bapak Takim SPd, MPd proses seleksi calon aktor dan aktris teather dimulai dari program peminatan saat siswa memasuki tahun ajaran baru. Pada dasarnya tidak ada syarat khusus untuk menjadi pemain Teater Ananda SMP Ahmad Yani Kota Batu,mereka yang berminat langsung mendapatkan bimbingan dari guru pembinanya bapak Fuad Dwiyono ,S.ST yang merupakan  praktisi seni, seniman kawakan di kota  Batu yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi dalam berbagai seni pertujukan Sehingga siswa tidak saja mendapatkan berbagai teori dan pengetahuan teater namun juga mendapatkan bimbingan praktis dari beliau. 

Sebagai guru pembina beliau menyediakan lingkungan yang dapat mengakomodasi attention dan interest para peserta didik  sesuai dengan minat  dan rasa suka terhadap seni teater, dari sanalah potensi anak dapat terbentuk kompetensi dalam berteater. Tanpa paksaan ,tanpa celaan adalah kata kunci anak suka dan betah menjalani latihan teater yang diadakan setiap minggu satu kali. Bukan itu saja untuk meningkatkan dari uncredible source menjadi demonstrative  source  ,teter ananda bukan saja harus sering mengikuti berbagai kompetisi yang menghasilkan prestasi namun juga dipercaya masyarakat untuk menggelar seni pertujunkan pada pagelaran rakyat atau acara acara “kenegaraan” yang ada di kota Batu.   
     
SMPN Ahmad Yani    kota Batu Bukanlah sekolah negeri dengan beragam fasilitas yang memadai,namun dengan keterbatasan itulah sekolah ini mampu menuai beragam prestasi. Menyadari bahwa SMP Swasta bukan plilihan pertama peserta didik dan masyarakat maka penyelenggara skolah ini tentu saja harus memiliki unique selling proportional  sebagai keunikan dan daya saing sekolah yang tidak dimiliki sekolah lain . Diantaranya melalui kegiatan ektrakulikuler teater yang didalamnya terkandung maksud untuk membangun karakter cinta tanah air ,pelestariaan budaya dan tentu saja membangkitkan kreatifitas siswa melalui kesenian teater.  

Daftar Pustaka
Kank Hari Konsep Kehumasan Pendidikan Indonesia

Naskah Ragam Pendidikan ,Prod UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Jawa Timur : SMP Ahmad Yani  Kota Batu

0 komentar:

Posting Komentar