Pages

Jumat, 15 Mei 2015

Financial Intelligence Melalui Branchless Banking di SMAN 3 Bojonegoro

Perilaku hidup hemat pada usia remaja perlu ditanamkan mengingat  gaya hidup mewah,menghambur hamburkan uang dan perilaku boros sudah menjadi trend dikalangan anak muda  mengingat berbagai informasi tentang produk produk serta life style sudah melanda dunia media informasi  kita. Yang berkorelasi secara langsung pada pola hidup konsumtif pada anak muda kita.

The best way  to arrive at an amount is through an open discussion of all the factors that both you and youngster believe should affect his income, including teaching  him how to budget and save and use  money responsibly. Try to come up with an agreement that both of you feel is reasonable. Make the agreement temporary,say for two weeks,and then reasses it in the light of what you have both learned during that period. Since your youngster money needs will change from time to time and will certainly increase as he grows older, set up regular time interval to evaluate the agreement. Michael Schulman and Eva Meker , “Bring Up a Moral Standard”.  

Berangkat dari kepedulian akan perilaku remaja saat ini  untuk financial Intelligence, maka ibu  Dra Hj Mahfudho Suyoto ,MSi  selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro (istri Bupati Bojonegoro),memutuskan untuk meng encorage the heart ,semua elemen jajaran nya melakukan sebuah gerakan Smart School ,khususnya dalam meningkatkan life skill siswa dalam kecerdasan financial melalui devisi perbankan. Maka dipertemukanlah beberepa bank dengan jajaran pendidik untuk menemukan solusi yang win win solution dalam mengedukasi siswa dalam hal kecerdasan finansial.

Sebagai pilot project  ditunjuklah SMAN 3 Bojonegoro dengan Bank BTPN Bojonegoro sebagai supporting pratner dalam mengembangkan kecerdasan financial peserta didik. Kegiatan tersebut diberi nama Branchless Banking,yakni peserta didik menjadi agen /distributor bank yang memberikan layanan finansial  di luar kantor kantor cabang bank melalui teknologi dan jaringan alternatif dengan biaya efektif,efesien aman dan nyaman,pelayanannya dilakukan di sekolah sebagai “kantor agency”.

Dengan demikian siswa memiliki kompetensi dalam aktivitas keuangan khususnya perbankan khusunya bank siswa   secara real dengan baik dan benar sesuai mulai dari persiapan, pembentukan permodalan  pelaksanaan proses baik prosedur adminitrasi samapi proses transaksi disekolah. Kegiatan ini  amat menarik minat siswa untuk gemar menabung lantaran proses nya mudah dapat melakukan transaksi melalui sms  untuk setoran,tranfer dan tarik tunai,di sekolah dengan mudah dan dilayani oleh teman sekolahnya sendiri.

Setiap  siswa yang ditunjuk menjadi  petugas bank mendapatkan pelatihan layaknya seorang profesional banker dipandu oleh Bank BTPN selaku supporting partner,mulai dari kegiatan administrasi pendaftaran,setoran ,tarik tunai transfer sampai pemanfataan ponsel siswa melalui “sms Banking” ,mereka dilatih costumer service dan front officer sesuai standar kinerja seorang profesional bank.  


Kompetensi yang hendak dicapai dari kegiatan ini memberikan pembelajaran pada peserta didik agar dapat mengetahui dan memahami konsep perbankan mulai dari pembentukan pemodalan hingga proses pelaksanaan baik prosedur atau administrasi sesuai standar perbankan.

Peserta didik diharapkan dapat mengetahui problematika perbankan dan solusi mengatasinya. Peserta didik diharapkan muncul gagasan ide kreatif untuk berinovasi dalam pemanfaatan TIK sehingga menemukan peluang untuk menjadi wirausaha sesuai minat danpotensi pasar. Memberikan edukasi kepada peserta didik untuk bank minded  tentang pentingnya akses dunia usaha dan industri dengan perbankan sesuai standar ekonomi perbankan.

 Sehingga siswa memiliki bank knowledge base yang berguna bagi siswa jika kelak menjadi profesional di dunia perbankan atau menjadi owner dari bank itu sendiri.

Daftar Pustaka

“SMART SCHOOL “ : Dra . Hj Machfudho Suyoto.M .Si
Kank Hari Konsep Kehumasan Pelayanan Pendidikan
;Naskah Ragam Pendidikan Jawa Timur Prod UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur:
SMAN 3 Bojonegoro


0 komentar:

Posting Komentar