Pages

Kamis, 14 Mei 2015

Pembelajaran Berbasis Pengalaman Seni Budaya, di SDN III Tanggung Gunung Kab Tulung Agung Jawa Timur.

Program  pelestarian budaya harus dilakukan sejak dini kepada peserta didik agar mereka tidak terkontaminasi oleh budaya pop yang berasal dari manca negara sehingga disaat dewasa mereka bukan saja tidak mengetahui budayanya sendiri melainkan budaya dan kearifan lokal sudah musnah dikalangan generasi muda  pada masa depan. 

Undang Undang No 20/2003 tentang Sisdiknas,Permendiknas No 23/2006 tetang SKL,Inpres No 1/2012 Tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Nasional tahun 2010 menyatakan menghendaki memerintahkan pengembangan karakter peserta didik melalui pendidikan disekolah . 

School won’t just be a place to endure for seven hours a day . it ‘ll  be a place student go to learn more about  the world, They want to know why  about  every thing . They earliest  sentences show their interest in and surprisingly a good understanding of causality”. Developmental Psychology


Peran sekolah diharapkan menjadi benteng utama agar  peserta didik memiliki karakter pancasila dan mencintai budaya indonesia dan kearifan lokal dicintai oleh peserta didik, salah satu media pendidikan karakter adalah melalui pendidikan seni budaya. Karakter cinta air mendorong peserta didik  memimiliki cara berpikir,bersikap  dan berbuat yang menunjukan kesetiaan ,kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa ,lingkungan fisik , sosial,budaya ,ekonomi dan politik bangsa.  Perilaku tersebut tercermin dari peserta didik dapat mengapresiaikan karya seni,budaya bangsa sampai tingkat nasional. 

SDN III Tanggung Gunung  Kab Tulung Agung , adalah sekolah yang menjadi rujukan masyarakat tanggung gunung dan sekitarnya berdiri sejak tahun 1974 ini mendapatkan dukungan dari seluruh aparatur perangkat desa dan kecamatan seperti Bapak Camat,Muspika,Kepolisian,UPTD dan jajaran terkait guna melestarikan budaya tradisional Tulung Agung dan keraifan lokal lainnya. Mengingat sudah menjadi tekad warga kabupaten Tulung Agung bahwa setiap siswa  wajib memiliki kompetensi menari pada  setiap jenjang satiuan pendidikan sebagai standar kompetensi kelulusan (muatan lokal).

Walaupun SDN  III Tanggung Gunung Tulung  Agung ini berada diwialayah pegunungan namun prestasi dalam bidang akademik dan non akademiknya tidak kalah dengan sekolah di perkotaan.Sebagaimana penuturan  Bapak Muridi ,MPd Kepala SDN III Tanggung Gunung Tulung Agung  untuk mencapai prestasi gemilang   dibutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak stake holder melalui kepercayaan yang diberikan mereka. Oleh karena itu Trust harus diraih terlebih dahulu melalui keteladanan para pendidik dan tenaga kependidikan  ,sehingga peserta didik  memiliki role model dalam bersikap dan berperilaku sesuai misi sekolah.

Sedangkan program pemilihan anak berbakat  dibidang akademik dan seni dilakukan melalui peminatan dimana siswa diberikan kesempatan seluas luasnya untuk memilih jenis kegiatan pembelajaran seni yang diminatinya. Selanjutnya proses enrichment akan memperkuat mereka dari sekedear minat hingga menjadi presatasi keberbakatan.  Mereka yang memiliki bakat istimewah merupakan peserta seleksi dari berbagai kompetisi sehingga mereka lebih efektif dalam meraih prestasi. Hal itu dikerenakan kompetisi budaya dan seni merupakan ajang yang selalu digelar dikabupaten Tulung Agung. Lantaran instrument seni dan budaya adalah high cost, maka peran   keterlibatan stakeholder memiliki peran penting bagi keberhasilan peserta didik dalam mengikuti berbagai aneka kompetisi yang digelar oleh kabupaten Tulung Agung maupun mengikuti berbagai kompetisi diberbagai daerah .

Samar samar terdengar alunan gemelan mengiringi latihan tari kolaborasi ,seni jaranan,reog dan teater dengan judul “Bejo Njaluk Sunat “ untuk memperingati Hardiknas 2015 di kabupaten Tulung Agung dan saya pun berpamitan melanjutkan perjalanan..

Daftar Pustaka
Kank Hari Konsep Kehumasan Pelayanan Pendidikan

;Naskah Ragam Pendidikan Jawa Timur Prod UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur: SDN III Tanggung Gunung kab Tulung Agung   

0 komentar:

Posting Komentar