Pages

Kamis, 28 Mei 2015

Dari Keong Mas Menjadi “Pundi Emas”, SMAN 1 Lumajang

Di tengah kebingungan para petani terhadap hama keong emas yang melanda lahan produktifnya, keong emas  atau siput  murbei  (Pomaceae) yang memiliki perkembang biakan sangat cepat karena tergolong herbifor polifagus, dimana hama perusak tanaman yang  ketika berukuran diameter 0,5-1 cm saja, mampu memakan tanaman  pada masa populasi 30 ekor/meter persegi tanaman padi muda menjadi puso dalam waktu semalam saja.   Tentu merepotkan para petani untuk memusnahkannya.
Berangkat dari kegiatan intrakulikuler pembalajaran IPA,IPS dan Bahasa ,para siswa SMAN1 Lumajang memilih berbagai karya yang telah  dimenangkan lomba  pada Change Project yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan ternama di Jawa Timur.  

The insight,the infrastructures and the the tools to encourage learning throughout life and to unlock the vast  creative potential in each one of us, are now moving into place. They can help us revitalize a new harmony with nature, with each other and with the concept of divine intelligence ,however we may define it.  De Hock ,Udaipur as a learning city.


Sebagai kegiatan intrakulikuler untuk pembentukan karakter peduli lingkungan memiliki manfaat untuk melatih daya pikir analisis peserta didik dalam to be sensitive the reality sampai  solution on the problem terhadap lingkungan sekaligus mengasah sikap empati siswa terhadap permasalahan lingkungan sekitar peserta didik. Produk Nugget keong Emas adalah implementasinya.

Terdorong dari keprihatinan dan pengembangan konsep idealisme atas kondisi petani,para peserta didik dibawah pembina beberapa pendidik ,maka terwujudlah Produk Nugget Keong Emas  sebagai karya inovatif dan kreatif para siswa. Produk keong emas memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi disamping juga berfungsi sebagai anti alergi, tentu saja sebagai produk yang “dipasarkan” secara massal telah memenuhi standar perijinan yang berlaku dan uji laboratrium. 

Gerakan makan  nugget keong emas dimulai pembiasaan disekolah setiap hari senin yang dilakukan oleh seluruh warga sekolah. Produk yang awalnya hanya dipakai sendiri akhirnya berkembang menjadi makanan khas Lumajang terutama pada jamuan untuk kegiatan “kenegaraan” dikabupaten Lumajang. Produk nugget keong emas diharapkan menjadi icon makanan khas atau oleh oleh kabupaten Lumajang.

Guna menjamin ketersediaan pasokan bahan baku utama yakni keong emas sekolah memiliki lahan pengembang biakan keong emas sehingga dalam kegiatan produktisi nugget keong emas tidak memiliki kesulitan yang berarti.

Sebagai Sekolah yang konsisten pada pengembangan kompetensi dan daya saing peserta didik SMAN 1 Lumajang memiliki misi   terciptanya regenarasi  dan kulturisasi yang efektif dan effisien,memberi bekal dan menyiapkan siswa untuk bersaing keperguruan tinggi dan luar negeri, mampu meraih prestasi dalam lomba akademik maupun non akademik serta melaksankan KBM seefektif dan efesien mungkin sesuai tuntutan dan perkembangan IPTEK.

SMAN 1 Lumajang pada strategi pengembangan  pelayanan pendidikan  mengakomodasi potensi dan minat peserta didik agar dapat berkembang secara optimal melalui beragam kegiatan dan memiliki kesempatan untuk mengembangkan rasa estetika dan keterampilan kewirausahaan.  Sebagai bekal membentuk life skill siswa ditengah tengah masyarakat dan masa depan peserta didik. 

Oleh karena itu kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Lumajang dilaksnakan dengan menggunakan metode yang interaktif,inspiratif menyenangkan kreatif ,menantang dan memotivasi peserta didik. Melalui nugget keong emas dan prestasi prestasi yang sudah diraihnya setidak nya membuktikan komitmen SMAN 1 Lumajang untuk mecetak peserta didik memiliki kompetensi ,berdaya saing dan berbudaya telah dibuktikannya.

Daftar Pustaka
Kank Hari Konsep Kehumasan Pendidikan Indonesia
Naskah Ragam Pendidikan ,Prod UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Jawa Timur :  SMAN 1 Kabupaten Lumajang




0 komentar:

Posting Komentar