Pages

Minggu, 24 Mei 2015

Meraih Beragam Prestasi Melalui MBS Berbasis Mutu,di SMAN 1 Purwosari Pasuruan

Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Peningkatan Mutu Kinerja merupakan dua elemen yang dapat menghasilkan prestasi yang luar biasa bagi peserta didik dan pendidik. MBS memberikan keluasaan kepada penyelenggara pendidikan untuk mendekatkan hubungan antara program pelayanan prima pendidikan dengan keunggulan bersaing peserta didik. Penyelenggaraan pendidikan melalui program pelayanan prima pendidikan yang bermutu dengan menghadirkan pengalaman belajar yang  unik,positif dan mengesankan dengan mutu yang lebih berkualitas.

Every aspect of the community is an integral part of learning program librarries, parks, municipal officer, and environment etc , provide learning opportunities facilities services for self learners. At The same time learning becoming a service the community ,as future citizens become involved in the local community. Ellis WN In creating Learning Community


Ragam prestasi yang diraih dari berbagai kegiatan ekstrakulikuler dan prestasi dari kompetisi bidang akademik menghiasi SMAN 1 Purwosari. Secara geografis SMAN 1 Purwosari terletak di Kecamatan Purwosari  Kabupaten Pasuruan dengan luas tanah mencapai 19.640 meter persegi. Secara topografi merupakan daerah dataran tinggi yang dekat dengan gunung Arjuno, sekaligus merupakan tempat jalur pendakian lewat jalur timur.  Sekolah yang memiliki pemandangan indah,udara segar dan taman serta kolam yang asri sengaja didesain oleh arsitekturnya sendiri yakni Bapak. Drs Heru Wahyudi, M.Pd selaku Kepala SMAN 1 Purwosari Pasuruan,sebagai bentuk perwujudan dari Total Quality Management  MBS dari perlengkapan sarana dan prasarana pembelajaranyang bermutu bagi peserta didik.

MBS adalah salah satu model strategi pengelolaan sekolah  untuk mewujudkan kualitas pendidikan  yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan pada sekolah bersangkutan. Sebagaimana disampaikan pak Heru panggilan akrab kepala SMAN 1 Purwosari Pasuruan ,untuk dapat mewujudkan pelayanan prima pendidikan khususnya kepada peserta didik untuk meraih prestasi akademik dalam berbagai kompetisi dan kelanjutan jenjang karir peserta didik bersangkutan di PTN dan Perguruan Tinggi Internasional harus dimulai dari peningkatan mutu SDM khususnya tenaga pendidik dan seluruh staff serta jajarannya . Melalui berbagai program pelatihan dan workshop para pendidik diasah pengetahuan dan keterampilan dalam membangkitkan potensi kreatif siswa dibidang akademik sehingga mereka tumbuh sense of competition nya. Banyak peserta didik yang berasal dari Area Coverage sekolah seperti dari beberapa kabupaten seperti Mojokerto ,Malang. Batu ,Porong dsb  
Hasilnya memang sangat mengejutkan beberapa siswa meraih prestasi dibidang akademik dari berbagai tingkat mulai dari tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi sampai tingkat internasional yakni juara harapan 2 Astronomi di Teheran,Iran . Bukan itu saja puluhan dari siswa yang telah lulus diterima di berbagai PTN ditanah air termasuk diterima di PT internasional. Bukti bahwa pengelolaan mutu dibidang SDM Pendidik dapat meningkatkan mutu prestasi akademik para lulusan di SMAN  1 Purwosari Pasuruan  

Sedangkan dalam pencapaian prestasi dibidang seni dan olah raga ,sekolah membuka jalur prestasi pada sistem PPDB  sehingga sekolah memiliki peluang untuk mendapatkan bibit bibit unggul  dari input peserta didik. Selanjutnya program pengembangan minat dan bakat ditindaklajuti melalui kegiatan pengayaan dan pemantapan  bakat dan minat yang telah dimiliki peserta didik dibawah guru pembina yang berpengalaman . Maka tidaklah mengherankan jika siswa siswa cerdas berbakat dapat meraih prestasi di berbagai bidang. Bukan itu saja sekolah juga menyediakan paket bea siwa untuk pembebasan SPP bagi mereka yang dapat meraih prestasi serta bea siswa siswa lainnya.

Oleh karena itu menyadari bahwa untuk mencapai kinerja penyelenggaraan pendididikan yang unggul dan bermutu, sekolah memiliki team MBS yang beranggotakan kurang lebih lima belas orang dengan tupoksi masing msing dibawah koordinator Wakasek Kurikulum,Wakasek Kesiswaan,Wakasek Kehumasan, Wakasek Sarana dan Prasana dan Kepala Tata Usaha.

Masing masing wakasek dirapkan dapat share on the vision atas gagasan peningkatan mutu sesuai dengan tupoksi nya  masing masing sedangkan Kepala Tata Usaha  mendesian ketelitan ,dan kemudahan dalam sistem adminitrasi melalui pemanfaatan TIK (e administration). Tugas team MBS bukan hanya menjalanan sistem manajemen mulai dari perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan dan evalusi dengan pendekatan SWOT Analysis,melalui rapat secara periodik . 

Sedangkan penyusunan strategi pelayanan prima pendidikan yang bermutu dimulai dari Evaluasi Diri sekolah yang dituangkan dalam RKS dan RKT yang melibatkan stakeholder terkait  termasuk diantaranya dunia usaha . Salah wujud dari keterlibatan Dunia Industri dan Usaha adalah program pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Program Corporate Social  Resonsibility (CSR) dan Community Development  yang diberikan kepada SMAN 1 Purwosari Pasuruan.

Tak mengherankan jika Bapak  Drs Heru Wahyudi M.Pd mendapatkan atribut Kepala Sekolah berprestasi ditingkat kabupaten maupun penghargaan dari beberapa lembaga terkait. 

Daftar Pustaka
Kank Hari Konsep Kehumasan Pendidikan Indonesia

Naskah Ragam Pendidikan ,Prod UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Jawa Timur ; SMAN 1 Purwosari Pasuruan. 

0 komentar:

Posting Komentar