Pages

Sabtu, 16 Mei 2015

Membangkitkan Karakter Peduli Lingkungan melalui Pengolahan Pupuk Organik di SMPN 1 Bojonegoro

Karakter peduli lingkungan adalah sebuah upaya yang dilakukan agar peserta diharapkan mempunyai sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam sekitar dan mengembangkan upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang terjadi.

Environmental imperatives –.”.there is a crucial need to educate continually all the world s people in environmental matters as a bassis  for survival of species on earth and to be inventive and innovative about how environmental information is kept constantly in the forefront of popular consciousness” .Longworth and Davies . Lifelong learning

Sedangkan peruwujudan dari karakter peduli lingkungan pada Smart School yang digagas oleh ibu Dra Hj Mahfudho Suyoto ,MSi  selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro (istri Bupati Bojonegoro). Pada pendidikan kesehatan lingkungan dan entreprenuership ,devisi pengolahan sampah. Peserta didik memiliki kompetensi dalam proses pengolhan sampah secara baik dan benar mulai dari pemilahan (organik/anorganik),pengolahan hingga usaha hasil olahan sampah .


Peserta didik dapat menemukan problem problem atau masalah masalah yang berhubungan dengan pengolahan sampah dan cara mengatasinya.

Peserta didik dapat melakukan terobosan secara mandiri/berinovasi untuk mengenalkan ,memahamkan kepada masyarakat pentingnya pengolahan sampah.

Guna memberikan kelulasaan kepada peserta didik untuk  berkreasi  dan berinovasi  dalam proses pengolahan sampah,SMPN 1 Bojonegoro mendapatkan pelatihan pembuatan pupuk Bokashi. Pupuk bokashi adalah pupuk  organik yang dibuat dengan cara frementasi daun daun kering yang sudah dipotong potong  ,dedak dan bahan organik lainnya selanjutnya dikemas dalam  kemasan 5 kiloan,pembuatannya mudah sederhana dan murah.

Hasil produksi karya siswa ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sekolah untuk kesuburan tanaman mereka.  Manfaat pupuk organik bokashi adalah untuk meningkatkan dan menjaga kestabilan produksi pertanian atau perkebunan khususnya tanaman pangan.

Menurut Bpk Ufar Ismail Kasek SMPN 1 Bojonegoro, hasil kreasi siswa ini diharapkan dapat di manfaatkan secara luas melalui produksi secara masal namun pihak sekolah masih membutuhkan waktu untuk mendapatkan hak paten lantaran beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti uji kelayakan laboratorium,serta tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu perlu dukungan semua pihak untuk mewujudkan “mimpi” SMPN 1 Bojonegoro untuk memproduksi pupuk bokashi secara massal.

Sekolah yang memiliki lahan 6.000 meter persegi ini berada di jalan MH Tamrin, merupakan SMPN Favorit di kabupaten Bojonegoro dimana  salah satu  SMPN 1 Bojonegoro  adalah  mewujudkan kegiatan pembiasaan untuk membentuk insan pendidikan  yang beriman dan bertaqwa . Mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih ,indah sehat  rindang dan asri.

Sedangkan bokashi adalah merupakan upaya SMPN 1 Bojonegoro dalam memotvasi dan memberi kebebasan pada peserta didik untuk memahami masalah dan problematika yang terkait pengolahan sampah dan cara mengatasinya. Serta memberikan  pengetahuan tentang jenis jenis bahan olahan sampah dan kegunaaanya serta cara pembuatannnya. Dua kompetensi sekaligus diperoleh peserta didik yakni kecakapan berpikir kritis dan kewirausahaan. 

Daftar Pustaka

“SMART SCHOOL “ : Dra . Hj Machfudho Suyoto.M .Si
Kank Hari Konsep Kehumasan Pelayanan Pendidikan
;Naskah Ragam Pendidikan Jawa Timur Prod UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur:
SMPN 1  Bojonegoro   


0 komentar:

Posting Komentar