Pages

Minggu, 14 Juni 2015

Karisma, Produk Inovatif Agribisnis SMKN 1 Malang di Tengah Kota



Apa bayangan yang muncul di benak anda jika mendengar  SMK Jurusan Pertanian..?, Mungkin yang pertama kali terpikir  adalah pembelajaran di sawah,cangkul, bibit tanaman,belepotan lumpur dsb. Dan apa yang terjadi jika  SMK Jurusan Pertanian berada di tengah kota besar, yang sudah sulit ditemui sawah ladang dan kebun serta lingkungan, meliu, psikografis, demografis dan life style masyarakat  yang jelas sudah gaya hidup perkotaan. Tentu dalam benak kita akan terbayang mana mungkin dapat murid..! 


Peter Drucker dalam bukunya Toward the New Organization mengatakan ‘refrim that organization  are human entreprise and the highest purpose  is to “make the strengths of the people effective and their weakness irrelevant”. This Obviously depends on the people learning new knowledge or skill. The effort of people as initiator, innovators, motivators and implementer all  component of an organization, guide it toward a common goal .

SMKN  1 Malang mengembangkan konsep pembelajaran Teknologi Pengolahan  Hasil Pertanian melalui jurusan Agribisnis  dengan merombak mind set pertanian dan berinovasi dalam pemanfaatan hasil pertanian bukan sekedar menjadi bahan komuditas yang tidak memiliki nilai ekonomis menjadi produk kreasi yang memiliki added value.  Sekolah yang berlokasi  di Kecamatan Janti Kota Malang  ini memiliki lahan lebih dari 3 hektar tentu memiliki ruang yang cukup untuk menyediakan sarana dan prasaran praktikum pertanian dan perkebunan dikarenakan luas lahan sekolah. 

Jurusan Agribisnis di SMKN 1 mencetak siswa memiliki Life Skill  untuk menjadi tenaga kerja terampil dibidang agribisnis terutama membangkitkan sense of entreprenuership dikalangan siswa. Peserta didik mendapat pengetahuan,keterampilan dan nilai sikap dalam pengelolaan agribisnis,mulai dari hulu sampai hilir,seperti mulai pembibitan, pengolahan lahan, merawat tanaman, teknik memanen ,teknik pengolahan hasil panen,  packaging sampai pada pemasaran.

SMKN 1  Malang mengembangkan prinsip bahwa produk hasil praktikum siswa bukan sekedar  bagian dari proses pembelajaran namun juga harus berkembang dengan daya inovasi yang dapat mengedukasi pasar. SMKN 1 Malang  berhasil menjadi pionir masuk dan berkembang pertama kali menjadi sekolah pertanian yang berada ditengah kota dengan peserta didik yang memadai serta berpeluang sukses berkembang menjadi Kewirausahaan  dalam Manajemen Berbasis Sekolah.  

Karisma,singkatan dari SMKa Satu Malang merupakan  Merk Produk Minuman Segar berbahan baku tanaman Toga yakni  kunir asem, rosalia sari aloevera  dan  nata aloe telah menjadi icon oleh oleh khas SMKN 1 Malang merupakan hasil produksi dari kegiatan KBM, kegiatan pembelajaran dan praktek kewirausahaan serta kegiatan ekstrakulikuler peserta didik.  Dalam satu bulan dapat menjual lebih dari dua ribu gelas melalui sistem self servis. Konsinyasi , personal seling dan online. Siswa mendapat kewajiban untuk memproduksi  sendiri dirumah dengan standar yang telah ditentukan sekolah  untuk bisa mendapatkan “Brand Karisma” sehingga dapat dipasarkan. 

Marquardt and Reynolds dalam bukunya Global Learning Organization menyebutkan “Learning can be defined as a process by which individuals gain new knowledge and insight to change their behavior and action “.

Kegiatan pembelajaran di sekolah dikatan aktif inovatif dan kreatif  adalah merka yang mampu melakukan terobosan dalam memberikan learning  experiences value melalui sistem dan inovasi pembelajaran yang radikal seperti pendirian jurusan Pertanian di tengah Kota oleh SMK 1 Malang serta competitive advantage  yang melebihi para pesaing  SMK lainya serta sekolah pada jenjang pendidikan yang sama dalam jangka panjang  

SMKN 1 Malang berupaya membangun karakter cinta tanah air dan rasa kebangsaan yang sedang “tidur”  dengan menciptakan dan mengkemas suatu metode learning pleasure yang memang unik untuk model model berbagai jurusan SMK ditengan kota.  Melalui jurusan Agribisnis SMKN1  berhasil me refresh  persepsi tentang jurusan pertanian dan membawa fenomena baru yakni  peserta didik memiliki  entreprenuership skill   agribisnis  didaerah perkotaan. 

Daftar Pustaka
Konsep Kank Hari Kehumasan Pendidikan  Indonesia  
Naskah Ragam Pendidikan, Prod UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Jawa Timur : SMAN 3 Blitar .

0 komentar:

Posting Komentar