Pages

Sabtu, 30 Mei 2015

Mere Jahe, Energy Drink Produksi SMPN 1 Pasirian Lumajang

Menyelesaikan semua pekerjaan yang telah bertumpuk kelihalangan waktu dan tenaga yang sangat banyak tentu membutuhkan stamina yang cukup. Stamina yang cukup dan vitalitas merupakan fondasi untuk meningkatkan produktivitas kerja. Peluang untuk peningkatan stamina dan vitalitas inilah yang menumbuhkembangkan secara massal para produsen berlomba lomba meluncurkan berbagai minuman berenergi, berbagai merek dengan jenis minuman beredar dipasaran yang masing masing memiliki segmen pasarnya sendiri.

Kendati minuman berenergi yang beredar dipasaran sudah lolos uji kelayakan untuk minuman yang dikonsumsi publik . Namun tetap saja tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan-lebihan, disamping  berdampak pada kesehatan fisik juga berdampak pada “kesehatan” saku .

Children love to discover the ways that things are the same and the ways they are different.  A child start categorizing and adjusting to sameness and difference right from brith, and almost everything he learns will involve making these two kinds of comparisons. Any place you take him  and any object can provide a wealth of material for exploration of sameness and difference. Gross G. S  Development Psychology .

Kurikulum pembelajaran disekolah  disamping dijalankan sesuai tuntunan BSNP juga  dibuat dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya usia peserta didik dan kebutuhan pembelajaran. Sehingga peserta didik dapat menggunakan media dan sumber belajar  dari lingkungan diskitar siswa untuk membangun life skill  dan masa depan yang lebih baik .

 Oleh karena itu dalam menyusun Rencana Kerja Sekolah penyusunan harus melibatkan pemangku kepentingan sehingga RKS dapat diakses oleh semua pihak dan dilaporkan kepada publik,sehingga dapat memenuhi tuntutan publik. RKS yang akurat juga akan membantu sekolah memenuhi tututan publik tentang perlunya,keterbukaan dan akuntabilitas. (UU Sistem Pendidikan Nasional No 20/2003, Pasal 48 (1): Pengelolaan dana pendidikan berdasrkan pada prinsip keadilan, efesiensi,transparansi dan akuntabilitas publik) .
  
Berawal dari hasil panen jahe dan sereh  serta produksi gula merah (gula Jawa) yang melimpah, peserta didik dan pendidik di SMPN 1 Pasirian Kabupaten Lumajang, menciptakan Brand Mere Jahe  SMPN 1 Pasirian sebagai produk energi drink yang berbahan  dasar  utama herbal sere dan jahe. Sebagaimana diketahui Jahe merupakan bahan yang dikenal dapat menghangatkan badan ,menurunkan darah tinggi,membantu proses kelancaran pencernaan,membersihkan  tubuh dari darah kotor,membantu ekresi cairan  tubuh melalui keringat, menetralkan radikal bebas yang ada pada tubuh serta memiliki kandungan antioksidan  yang cukup tinggi.   

Sedangkan serai atau sereh adalah tumbuhan dari suku rumput rumputan yang biasanya dipakai untuk pengharum masakan,daun sereh memiliki kandungan zat antimikroba dan zat anti bakteri yang berguna untuk mengobati infeksi lambung usus ,saluran kemih dan luka. Serehpun juga berkhasiat sebagia diuretik pereda kejang dan anti rematik sekaligus penghilang bau badan. Maka ketika sereh dan jahe digabungkan menjadi sebuah minuman maka khasiatnya: dapat meningkatkan stamina badan ,mempertahankan daya tahn tubuh ,mencegah masuk angin dan flu dan dapat meningkatkan stamina serta vitalitas persis seperti  jargon minuman energy drink.  

Pembelajaran berbasis penelitian yang dilakukan oleh para siswa siswi SMPN 1 Pasirian merupakan kegiatan ilmiah remaja  (KIR)  yang telah menghasilkan minuman  bernergi dengan Brand Mere Jahe merupakan perwujudan dari pelaksanaan  pembelajaran secara efektif dan efesien untuk mengembangkan potensi siswa seecara optimal, mendorong tumbuh kembangnya kreativitas siswa,bakat minat secara maksimal dalam bidang olah raga, kesenian, kepramukaan,keagamaan sebagai wujud pembangunan karakter bangsa serta menumbuhkembangkan budaya bersih semua warga sekolah,melaksanakan disiplin dan tata tertib sekolah terpadu kontinyu berdasrkan etos kerja bagi semua warga sekolah.

Mere Jahe bukan saja hasil dari karya ilmiah remaja SMPN 1 Pasirian Lumajang  melainkan  juga merupakan bukti kesungguhan dari penyelenggaraan sekolah yang dikembangkan melalui Manajemen Berbasis Sekolah dengan banyak melibatkan stakeholder terkait baik masyarakat,dunia usaha industri dan lembaga terkait.

 Khususnya untuk pembuatan minuman bernergi mere jahe sekolah telah banyak bekerja sama dengan instansi terkait seperti dinas pertanian, dinas kesehatan,dinas koperasi dan tentu saja aparatur pemerintah yang bertindak sebagai partner maupun pembimbing siswa sehingga diharapkan “Mere Jahe SMPN 1 Pasirian Kabupaten Lumajang “ dapat menjadi Icon sekolah  sekaligus icon daerah  dengan produk hasil karya siswa yeng memiliki legitimasi secara yuridis formal.  

“Cukup dengan sebotol Mere Jahe SMPN 1 Pasirian akan menghilang kelelahan anda selama seharian bekerja..”  Kalimat yang pas untuk iklan produk hasil karya siswa SMPN 1 Pasirian Kabupaten  Lumajang  .

Daftar Pustaka
Kank Hari Konsep Kehumasan Pendidikan Indonesia
Naskah Ragam Pendidikan, Prod UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Jawa Timur : SMPN 1 Pasirian  Kabupaten Lumajang




0 komentar:

Posting Komentar