Pages

Sabtu, 16 Mei 2015

Pembelajaran Rekayasa Teknologi Tepat Guna, DOS Jonegoro 90 -SMKN 2 Bojonegoro

Implementasi dari visi kabupaten Bojonegoro yakni “ Terwujudnya Pondasi Bojonegoro sebagai Lumbung pangan dan Energi Negeri yang Produktif, Berdaya Saing,Adil ,Bahagia ,Sejahtera dan Berkelanjutan”  adalah 33 % dari 230.706 Ha luas wilayah Bojonegoro adalah lahan persawahan. Salah faktor keberhasilan produktivitas padai adalah tersedianya teknologi tepat guna yang efektif dan efesien dalam ilmu pertanian. Salah satu nya adalah mesin pemanen padi yang mudah, terjangkau  dan tentu saja dapat memanen hasil dengan lebih banyak serta menghindari ‘pemborosan ‘hasil panen.

Gerakan Smart School di Kabupeten Bojonegoro untuk Devisi Pendidikan Lingkungan Khusunya devisi Pertanian yakni memberikan motivasi kepada peserta didik agar dapat melaksanakan aktifitas pertanian dengan bermacam macam komoditas mulai dari persiapan tanam,penanaman ,pemupukan,panen dan pasca panen.

”For the adolescent to develop skill and attitudes needed for knowledge economy ,learning must be viewed as a total community responsibility. It is not just teachers who must teach nor student who must continually learn ,nor is the class room that is the major access  point to a large of information and expertise on which knowledge is built. Good school alone never be good enough . Successful 21 st century society will have learning communities  in line with the needs continously changing economics and social environmental “.Jhon About ,The Impact of Lifelong Learning on Schools.


Memberikan peluang kepada peserta didik untuk berinovasi ,meneliti dan bereksperimen dalam mengatasi kesulitan kesulitan dalam teknik menanam ,mengatasi hama. Serta memberikan pembelajaran pada peserta didik tentang cara memanen yang benar sesuai komoditas . Pada akhirnya dapat menstimulasi para siswa siswi SMKN 2 Bojonegoro untuk mengembangkan rekayasa teknologi tepat guna yang mendukung elemen dari Smart School yakni mesin  pemanen padi DOS Jonegoro 90 merupakan karya inovatif dari  Prodi Teknik Kendaraan Ringan. Kombinasi dari mekanik alat pemotong,pemisah dan motor penggerak mesin panen itu sendiri.  Mesin ini irit bahan bakar hanya membutuhkan sekitar 5 liter bensin untuk memanen padi pada sawah seluas 1 ha dalam waktu satu hari. Dibandingkan jika memanen dengan sabit bisa memakan waktu lebih dari satu minggu.

Mesin Dos Jonegoro 90 ini adalah pengembangan mesin pemotong padi (product inovation )  yang sudah beredar dipasaran . Dibawah bimbingan PT Quick dari Yogjakarta selaku principal produk mesin Padi para siswa dapat menghasilkan mesin Padi yang lebih efektif dan efesien.. Mesin ini adalah alat yang dapat memotong padi sekaligus memisahkan bulir padi atau gabah dengan damen,penggunaan alat ini juga bisa dipakai seperti traktor pembajak sawah. Sedangkan keungulan dari DOS Jonegoro 90 ini adalah : cara pengoperasiannya praktis dan mudah tinggal nylahkan mesin lalu diarahkan sesuai kebutuhan padi yang akan dipontong, konstruksi mesin yang ringan dan kuat, besar mesin hanya 90 cm,kapasitas yang tinggi, tingkat susut yang sedikit ,kopling bleok yang ringan dan cukup dioperasikan oleh satu orang.

Menurut penuturan ibu Dta Hermin Mulyaningsih,MPd Wakasek Kesiswaan, Dos Jonegoro 90 karya inovatif  rekayasa tekonologi tepat guna ini siswa siswi teknologi kendaraan ringan ini,diharapkan mampu menjadi solusi bagi petani atau kelompok tani yang selama ini kesulitan mendapatkan mesin pemotong padi yang ringan pada berat mesin dan ringan dalam harga. Oleh karena itu sekolah akan terus berinisiatif untuk  membina relasi denga stakeholder terkait, agar dapat memproduksi secara masal sekaligus mendapatkan lisence untuk memproduksi  DOS Jonegoro 90. yang dapat dinikmati bukan saja oleh masyarakat Bojonegoro maupunpara petani di Indonesia.

Cita cita luhur tersebut merupakan implemetasi dari Visi SMKN 2 Bojonegoro yakni menjadi sekolah rujukan yang bermutu,mandiri mberwawasan lingkungan dan menghasilakan seumber daya manusia yang profesional. Semoga ..

Daftar Pustaka
“SMART SCHOOL “ : Dra . Hj Machfudho Suyoto.M .Si
Kank Hari Konsep Kehumasan Pelayanan Pendidikan
;Naskah Ragam Pendidikan Jawa Timur Prod UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur:
SMKN  2 Bojonegoro 




1 komentar: