Pages

Kamis, 28 Mei 2015

Raih Prestasi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMPN 4 Lumajang

Para siswa memutuskan untuk menuliskan hasil pengamatannya pada kertas tugas individual yang dimilikinya dengan gaya bahasanya sendiri selanjutnya bersama sesama anggota kelompok belajarnya mereka saling bertukar informasi untuk mendapatkan konklusi dari tugas yang diberikan guru mata pelajarannya kepada mereka itulah yang biasa disebut project base learning ,pembelajaran berbasisi penugasan. Selanjutnya para siswa tersebut menyusun sebuah kesimpulan dari metode ilmiah yang dikembangkan yang dipersiapkan untuk di presentasikan dalam diskusi panel pada tahap pembelajaran selajutnya,inilah sekilas pembelajaran kontekstual yang biasa disebut CTL.

Sedangkan pembelajaran kontekstual  merupakan sebuah konsep belajar yang menggunakan  penerapan teori dan dengan contoh contoh kongkret disekitar siswa,sehingga para siswa dapat melihat hubungan langsung dari teori yang didapatnya dengan kondisi lingkungan sekitarnya,  dan sebaliknya .



“Mereka yang belajar paling baik dan paling fleksible dengan memberikan tanggung jawab terhadap materi yang dipelajarinya, mereka mengembangkan rasa ingin tahunya sendiri, mereka memiliki kemampuan memahami ojek yang dipelajarinya dan mereka memiliki rasa percaya diri pasti bisa”. Charles Handy , The Age of  Unreason.

Most important,if you focus your childs attention on the many and various likeable and interseting qualities of people –from their grand strivings to their funny little habits –and if he see that you like people, he is bound to become apeople liker too . Feinman,S . Social referencing in infancy , Merrill Palmer Quarterly.



Penerapan pembelajaran kontekstual di SMPN 4 Lumajang merupakan perwujudan dari misi sekolah yakni menumbuhkan rasa percaya diri  dan semangat kompetisi secara sehat kepada siswa agar memiliki prestasi dan daya saing untuk bidang akademik dan non akademik,memfasilitasi  kebutuhan peserta didik sesuai kecakapan dan kompetensinya,memotivasi siswa menjadi pelajar yang mandiri  dan menguasai TIK ,mampu menggali informasi dari berbagai sumber .mampu berpikir logis,kritis, kreatif dan inovatif serta meningkatkan kompetensi kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sesuai profesionalitasnya serta menyediakan sarana dan prasarana yan memadai untuk keterlaksanaan pembelajaran aktif.
Sebagaimana disampaikan oleh ibu Roro panggilan akrab Rr Suindah Wijayanti ,S.Pd. MM selaku guru pembina kegiatan pembelajaran CTL,bahwa kompetensi para pendidik harus sesuai dengan standar yang ditetapkan ,termasuk dalam mengenali kompetensi individual siswa.  Dikarenakan  spirit pembelajaran CTL yakni dapat menciptakan  lingkungan yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi  belajar siswa. Peran guru disini adalah bertindak sebagai fsilitator pembelajaran yakni mendorong siswa untuk dapat berpikir kreatif dan produktif .Sehingga peserta didik memiliki peluang dan kesempatan untuk mengembangkan konsep berpikir eksplorasi,elaborasi dan konfirmasi.
Berkaitan dengan memahami kompetensi individual para pendidik  diharapkan dapat membantu siswa mengenali diri dan mengetahui kesulitan yang dihadapu dalam proses pembelajaran ,tugas pendidik adalah memberikan arahan dan bimbingan sehingga siswa memiliki kepercayaan diri dan keberanian diri untuk mencoba menyelesaikan tugas tugas yang diberikan pendidik dengan perasaan nyaman.
Hasilnya memang sangat memuaskan disamping pencapaian nilai akademik yang  cukup tinggi dan prestasi non akademik yang  cukup membanggkan, sekolah inipun menjadi sekolah percontohan penerapan CTL di tingkat provinsi dan berlafiliasi dengan USAID.
Guna membekali life skill siswa dimasa depan penerapan CTL merupakan kegiatan pembelajaran yang sangat disarankan dalam kegiatan pembelajaran. Dan saya pun kemudian pamit untuk melanjutkan perjalanan berikutnya..
Daftar Pustaka
Kank Hari Konsep Kehumasan Pendidikan Indonesia

Naskah Ragam Pendidikan ,Prod UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Jawa Timur : SMPN 4  Kabupaten Lumajang 

0 komentar:

Posting Komentar