Pages

Jumat, 03 April 2015

Membangkitkan Semangat Belajar Siswa Sekolah Pedesaan Dengan PAKEM Berbasis TIK,Case Study: SDN Teja Barat 3 Pamekasan

Di tengah teriknya panas matahari siang,siswa siswi SDN Teja Barat 3 Pamekasan asyik menikmati kegiatan pembelajaran tentang rotasi bumi  dan antariksa melalui tayangan video dengan layar tayangan  lengkap dengan LCDnya. Bagi pendidik keberadaan Tekonologi Informasi dan Komunikasi khususnya perangkat komputer lengkap dengan LCD dan layarnya merupakan sarana yang mendekatkan pembelajaran menjadi lebih mudah menarik dan eningkatkan daya serap peserta didik sekaligus dapat membangkitkan motivasi belajarnya,mengingat mereka pada lokasi pedesaan tepatnya  Dusun Teja Timur, Desa Teja Kabupaten Pamekasan  dengan lingkungan masyarakat pertanian. Karena itu bisa dimaklumi bila pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan  (PAKEM ) menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta didik.


Menurut penuturan Kepala SDN Teja Barat 3 Pamekasan, Bpk Sulaiman SPd, kepada saya , penerapan  PAKEM  dengan memanfaatkan  TIK berawal dari  penerapan strategi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yakni pada Planning ; meliputi  melakukan analisis situasi dengan pengamatan situasional dimana siswa akan lebih tertarik jika  metode pembelajarannya dikembangkan secara Kreatif dan inovatif dalam hal ini peran TIK Pembelajaran merupakan jalan keluar yang efektif guna mewujudkan rencana yang mulia ini.

Organizing ,menetapkan rencana peningkatan mutu pembelajaran Pakem sebagai strategi sekolah dalam meningkatkan mutu kompetensi dan motivasi belajar peserta didik. Dengan terlebih dahulu mengembangkan potensi SDM pendidiknya utuk menguasai TIK sebagai media pembelajaran.

Implementation,  melaksanakan program PAKEM    berbasis TIK pada tiap kelas oleh para guru kelas terutama pada mata pelajaran yang membutuhkan media presentasi secara visual  guna mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran yang dijelaskan oleh  guru.

Evaluation, melakukan study penilaian terhadap pengaruh metode KBM yang diterapkan terhadap siswa guna mengambil tindakan korektif untuk memperbaiki mutu pembelajaran ehingga dapat meningkat prestasi akademiknya ,motivasi belajarnya dan gemar ,senang serta betah ketika mereka mengikuti kegiatan pembelajaran disekolah. 

Dalam rangka mewujudkan visi sekolah yakni : Mencetak siswa yang berperilaku luhur ,berpengetahuan tinggi ,beriman , serta tagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan penetapan indikator yaitu ;unggul  dalam kompetensi akademik,keagamaan,olah raga dan kesenian ,memiliki ruang belajar yang representatif dan lingkungan sekolah yang nyaman serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Maka PAKEM  bukan saja sebuah metode pelajaran namun sudah menjadi ruh pelayanan pendidikan di SDN Teja Barat 3 Pamekasan   terbukti  penerapan pada Kelas PAKEM, Lingkungan PAKEM dan Pembelajaran PAKEM
Kelas PAKEM  merupakan  kelas program sarana pembelajaran yang berbasis TIK sehingga mampu menunjang guru  dalam melaksanakan tugas  kegiatan pembelajaran  secara optimal dengan memanfaatkan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran  yang efektif.

Lingkungan PAKEM, merupakan program menciptakatan lingkungan yang bersih tenang dan aman  sebagai tempat kegiatan belajar dan mengajar sehingga proses pembelajaran menjadi lebih nyaman dan tenang bagi setiap warga pembelajar didsekolah itu.

Sedangkan Pembelajaran PAKEM merupakan kegiatan yang harus diciptakan pendidik secara kreatif dapat merangsang rasa ingin tahu  ,eksplorasi elaborasi serta mudah difahami  peserta didik sehingga dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar nya guna menjadi peserta didik yang memiliki keunggulan dalam bersaing.

Mengingat kebijakan  MBS tidak dapat dipisahkan dari stkeholder yang lainnya seperti masyarakat dan dinas pendidikan setempat. Maka kebijakan PAKEM pada sekolah ini mendapatkan dukungan sepenuhnya dari  Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan ,sebagaimana disampaikan oleh bpk Drs Afandi,M,MPd  Pengawas Sekolah di wilayah tersebut .

Pada akhirnya KBM yang dikembangkan pada SDN Teja Barat 3 Pamekasan ,menunjukkan hasil yang poitif bagi peserta didik dan masyarakat sekitar  sehinggadiharapkan sekolah dilokasi dusun ini menjadi pelopor pemanfaatan TIK Pembelajaran di Indonesia.


Daftar Pustaka;

 Konsep Humas Sekolah Indonesia ,Kank Hari Santoso  Insight Management
Naskah Ragam Pendidikan On TV UPT Tekkomdik  Dinas Pendidikan Jatim  :  SDN Teja Barat 3 Pamekasan Selengkapnya saksikan tayangannya:




0 komentar:

Posting Komentar