Pages

Jumat, 10 April 2015

Program Ketarunaan Menciptakan SDM Handal di Era Persaingan Global,Case Study SMK Negeri 1 Wonoasri Madiun

Lulusan SMK  Jawa Timur  harus mempersiapkan diri menghadapi hypercompetetion mulai dari MEA sampai perdagangan pasar bebas. Optimisme penyelenggara pendidikan SMK tentu tidak bolh surut sebaliknya mereka harus terus berinovasi mencetak SDM Handal yang berdaya saing. Sebagaimana dilakukan oleh SMK Negeri 1 Wonoasri  dalam mempersiapkan lulusannya menjadai generasi yang tangguh melalui berbagai gemblengan mental salah diantaranya adalah kegiatan ketarunaan.

Sekolah yang berdiri sejak tahun 2001 ini memiliki jurusan atau program keahlian mencapai 8 kompetensi dengan rombongan belajar mencapai 48 rombel. Guna membentuk watak dan karakter serta mental yang tangguh setiap siswa diwajibkan mengikuti kegiatan ketarunaan selama 3 bulan yang diadakan disekolah tersebut dengan mendatangkan pelatih yang ahli dibidangnya dengan model pelatihan semi militer.  Selain itu kegiatan  ketarunaan menerapkan disiplin ketat untuk mencetak siswa memliki life skill yang tinggi .


Dampak dari program kegiatan ketarunaan sesungguhnya membangun etos kerja dan budaya disiplin kepada siswa SMK ,dimana amat dibutuhkan oleh dunia usaha disamping bagi siswa sendiri akan terbangun karakter nilai nilai kebangsaan, kedisiplinan ,kecerdasan akademik  dan non akademik serta memiliki dasar dasar kepemimpinan.  Oleh karena itu tidak salah jika dunia usaha /dunia industri sudah memesan para lulusannya untuk direkrut menjadi karyawannya lantaran mutu lulusan sudah terbentuk sikap mental profesionalnya.  

Sebagaimana  disebutkan dalam buku Bringing Up a Moral Child  karya Michale Schulman and Eva Mekker   when we look  at community rules ,we find that  fall into three categories ,rules of proper treatment,rules of order and rules of acess. What you teach  your student about rules is likely  to depend on the kind of rule you refererring to ‘.

SMKN 1 Wonoasri Madiun  merasa bahwa mental attitude merupakan positioning dari proses pelayanan pendidikan prima kepeda peserta didik . Bagi SMKN 1 Wonoasri Madiun membentuk sikap mental tangguh dan profesional bagi para siswanya merupakan dasar dari frame of reference sebelum membekali siswa dengan beragam keterampilan. Oleh karena itu sekolah ini pun dapat memikat hati para stakeholder mulai dari masyarakat ,instansi pemerintahan hingga DUDI.

Salah satu contoh adalah kepercayaan BKKBN yang bekerjasama dengan sekolah ini melalui kegiatan Pusat Informasi dan konseling remaja ,beberapa konselor remaja yang merupakan teman sesama siswa mendapatkan pelatihan di bidang pengetahuan dan keterampilan konselor tentang kependudukan KB , Pembangunan keluarga  bertujuan  mewujudkan generasi muda  yang memiliki wawasan kependudukan .memahami kesehatan reproduksi serta  memiliki perencanaan yang baik membentuk keluarga di masa depan . Sehingga peserta didik diharapkan memiliki kemampuan dalam menghindari dampak negatif dari globalisasi.


Di dunia usaha dan industri  masa depan ,peranan sikap mental adalah penting ,bahkan  mengalahkan kepintaran dan keahlian,mengapa..? . Karena dimasa depan lulusan dengan keahlian dan kepintaran  semakin banyak hanya mereka yang memiliki karakter yang akan mendapatkan peluang untuk bisa diterima di dunia usaha dan dunia industri . Potensi sikap mental dampaknya luar biasa bagi perusahaan ,sikap profesional  seperti teliti sabar disiplin kompak  cermat dan cepat dalam berpkir dan bertindak merupakan proses pembentukan dari hasil kegiatan pembiasaan kedisiplinan yang di lakukan dalam kegiatan ketarunaan yang dikembangkan disekolah ini,

SMKN 1 Wonoasri Madiun  juga tidak melupakan kegiatan ekstra kurikuler dibidang seni ,seperti kesenian dongkrek yang dikembangkan secara modern. Eksur kesenian ini pun mendapatkan respon yang tinggi dari siswa. Dengan berkesenian secara tidak langsung siswa mendapatkan peningkatkan dibidang soft skill disamping dapat meningkatkan daya imajinasi siswa serta menampung minat dan bakat serta pelestariaan kesenian di kabupaten Madiun . Bahkan Dongkrek SMKN 1 Madiun telah menorehkan prestasi di Jawa Timur.

“Anak muda adalah harapan bangsa ,memepersiapkan mereka menjadi generasi yang tangguh adalah mengamanatkan kemajuan bangsa ini kepada mereka”. Kank Hari Santoso  Konsultan Kehumasan Pendidikan Jawa Timur.  
   
Daftar Pustaka

Konsep Kehumasan sekolah Indonesia Kank Hari
Naskah Ragam Pendidikan Jawa Timur Prod UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Jawa Timur : SMKN ! Wonoasri Madiun .



1 komentar: