Pages

Selasa, 07 April 2015

Kewirausahan Abad 21 bagi Siswa SMK Case Study SMKN 2 Jiwan Kabupaten Madiun

Menjadi anak muda yang memiliki usaha sendiri dan mandiri dimasa mendatang akan  menjadi life style  bagi mereka. Mengingat ketersediaan lapangan pekerjaan yang makin hari makin tidak dapat menampung para lulusan. Namun keberhasilan sebuah usaha  atau bisnis tidak dapat dilepaskan dari pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan dunia usaha itu sendiri oleh karena itu SMKN 2 Jiwan  Kabupaten Madiun mempersiapkan para lulusannya untuk memiliki mental dan menjadi wirausahan sukses .

Sekolah yang berdiri  pada tahun 22 Oktober 2004  sudah meluluskan ribuan siswa yang mandiri dan profesional, walaupun  usia sekolah ini   tergolong muda namun SMKN 2 Jiwan Kabupaten Madiun ini telah berhasil menyabet berbagai penghargaan  dibidang ektrakulikuler dan meraih prestasi 5 besar di bidang akademik serta memperoleh penghargaan lingkungan hidup yakni adiwiyata.



Dalam mengelola  Sekolah yang sangat besar baik dalam luas yang  mencapai 4 hektar maupun  jumlah siswa yang tentu saja tidak sedikit dengan 4 jurusan yakni :teknik kendaraan  ringan ,teknik permesianan ,akuntansi dan multi media.

Menurut penuturan  Dra Wiwik Wiyati M.Pd selaku Kepala SMKN Jiwan 2 Kabupaten Madiun faktor faktor yang harus  dilakukan adalah SDM  khususnya pendidik  menjadi kontribusi pendukung bagi keberhasilan proses kegiatan pembelajaran di sekolah itu.


Dengan adanya mutu SDM yang mendukung meraka dapat memahami kebutuhan  dan memastikan bahwa kebutuhan peserta didik dapat terpenuhi  dengan demikian peserta didik memiliki role model dari para pendidiknya. Para pendidik dituntut harus dapat membantu para peserta didik untuk belajar secara bersungguh sungguh sehingga capain kompetensi akademik dapat berjalan optimal,mengingat kompetensi akademik adalah syarat mutlak dari kompetensi keahlian yang harus dikuasi siswa untuk menjadi profesional dibidangnya.

Dalam  proses pembelajaran peningkatan skill peserta didik diarahkan untuk memiliki kreativitas dalam menemukan atau menciptakan “produk” inovatif  yang dapat memberikan nilai tambah. Proses membelajarkan siswa dimualai dari membantu siswa mengidentifikasi nilai guna sebuah produk dan mengembangkan pasar dari produk yang sudah dibuat. Siswa dilatih untuk memiliki kecakapan berwirausaha lengkap dengan keterampilan presentasi dan pemasaran produk yang telah dihasilkan.  Sehingga ketika siswa memiliki ide mereka diharapkan dapat mewujudkan implementasinya  dalam tindakan nyata, serta dapat mandiri secara produktif dan ekonomi.

SMKN 2 Jiwan Kabupaten Madiun tidak hanya membekali peserta didik pengetahuan dan keterampilan sesuai prodi atau program keahlian yang dipilih siswa  lebih dari itu program pembelajaran yang dikembangkan adalah  menekankan pada penciptaan daya kreatifitas siswa,merencanakan produksi dan membekali calon wirausahawan muda  agar mereka berpikir  menyeluruh  dan menyiapkan rencana kerja menjdi wirausaha yang sukses. Siswa diasah keterampilannya bagaimana menciptakan produk dari karya kreatif,,bagaimana menjual produk ,bagaimana merancang presentasi serta bagaimana mempengaruhi orang lain agar percaya pada produk yang dijual

Oleh karena itu Laboratorium realnya diwujudkan  dengan kegiatan praktek pengalaman kerja langsung (learning by doing ) dan belajar bagaimana proses terjadinya sebuah aktivitas bisnis (learn how to do) melalui Toko Siswa  yang menjual aneka kebutuhan masyarakat termasuk produk karya siswa  serta beberapa laboratorium lainnya untuk lebih meningkatkan pengalaman pembelajaran siswa.

Mempersiapkan generasi muda yang tangguh dan mandiri  dimasa depan bukanlah hal muda. Namun untuk mencapainya diperlukan pengetahuan ,keterampilan dan sikap mental yang mendukung. Perencanaan menjadi wirausaha yang sukses  mensyaratkan perencanaan yang matang yang didalamnya menyangkut pembelajaran vicational. SMK Bisa Bukan sekedar jargon..!

Daftar Pustaka
Konsep Kehumasan sekolah Indonesia Kank Hari

Naskah Ragam Pendidikan Jawa Timur Prod UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Jawa Timur : SMKN 2 Jiwan Kabupaten Madiun  

0 komentar:

Posting Komentar