Pages

Kamis, 16 April 2015

Kelas Khusus Untuk Olimpiade, Case Study : SMAN 1 Pamekasan

Berbagai olimpiade digelar untuk menjaring siswa yang memiliki potensi dan kompetensi guna membangkitkan potensi daya saingnya baik tingkat regional. Nasional dan Internasional. Oleh karena itu dibutuhkan suatu “training center”untuk mencetak siswa yang memiliki kompetensi dan need of achievment agar mereka siap serta menjadi juara dalam olimpiade yang di selenggarakan.  Salah satu lembaga pendidikan  yang secara khusus fokus menyelenggarakan  “training center” untuk mencetak siswa berdaya saing dalam mengikuti olimpiade adalah  SMAN 1 Pamekasan .

 Program tersebut dinamakan program unggulan pembinaan  khusus olimpiade sains, kegiatan lomba internal ,kegiatan lomba lomba ,metode bimbingan privat, kegiatan lomba phytagoras, kegiatan lomba kompetensi agama Isalam (kompas).
Olimpiade Sains Nasional merupakan ajang kompetisi siswa SD,SMP dan SMA di Indonesia yang seleksinya sudah dilakukan pada tingkat regional kabupaten/kota dan provinsi,oleh  karena itu  mereka yang mengikuti Olimpide Sains Nasional adalah siswa siswa terpilih yang sudah lolos seleksi tingkay provinsi. Untuk selanjutnya siswa yang lolos atau menjuarai olimpiade nasional berkesempatan untuk   jenjang internasional. 
  

Kelas Khusus Olimpiade adalah kelas yang diselenggarakan untuk menciptakan siswa memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk bersaing pada kegiatan olimpiade. Kelas ini didesain khusus melalui seleksi terhadap input siswa yang memiliki prestasi dibidang sains pada jenjang sekolah sebelum nya (SMP)  baik ditingkat nasional maupun internasional,  sehingga prestasi yang sudah diraih siswa bersangkutan dapat meningkat secara linear.    

 Tambahan jam belajar bagi siswa yang memiliki bakat dan minat dibidang sains diberikan oleh para guru pembina yang sudah memiliki jam terbang dan kompetensi  keahlian yang memadai  sehingga bagi siswa tambahan jam belajar untuk kebutuhan kompetisi itu merupakan adventure experiential learning  yang menyenangkan.


Latar belakang olimpiade merupakan fokus SMAN 1 Pamekasan dalam pelayanan pendidikan adalah dikarenakan mutu input disekolah ini memang merupakan bibit unggul dari jenjang pendidikan sebelumnya. Sedangkan sekolah sendiri  sudah menorehkan beberapa kali meraih prestasi olimpiade sains pada tingkat inetrenasional. Tentu saja sekolah yang sudah menjadi langganan Olimpiade ini harus memikirkan Sustainable development untuk mencetak para peserta didik menjadi juaranya pada setiap  event lomba/ olimpiade.

 SMAN 1  Pamekasan  menerapkan pengembangan proses pembelajaran dengan manajemen pengetahuan sebagaimana di tulis oleh Choo,Chin Wei dan Nick Bontis ;” The strategic management of intellectual capital and organizational knowldge “ : Oganisasi pembelajar dan organisasi pengembangan akan berhasil  mencapai tujuan strategisnya manakala didalamya terjadi kreasi pengetahuan ,sebagai inti manajemen pengetahuan.

Sekolah yang memiliki Visi  terwujudnya lulusan cerdas,berbudi luhur,sehat,terampil berprestasi ,beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,memiliki kesadaran dan kemampuan untuk berperan dalam pembangunan nasional ,menyelaraskan dengan globalisasi serta memperkokoh ketahanan bangsa dan bermartabat.  Diwujudkan melalui Misi unggul dalam berbagai lomba  mata pelajaran, KIR dan ekstrakulikuler, berprestasi dalam olah raga dan seni. Selain itu siswa  diharapkan memiliki budaya belajar /menuntut ilmu yang signifikasi, menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama dan budaya bangsa sehingga  menjadi sumber kearfifan dalam berperilaku,serta melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif agar setiap siswa dapat mengembangkan potensi secara optimal.

Menjadi juara olimpiade  nasional  dan internasional bukanlah hal yang sulit apabila telah dipersiapkan dengan matang sebagaimana dilakukan SMAN 1 Pamekasan .



Daftar Pustaka
Konsep Kehumasan Sekolah Indonesia Kank Hari

Naskah Ragam Pendidikan Jawa Timur Prod UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Jawa Timur : SMAN 1  Pamekasan   . 

0 komentar:

Posting Komentar