Pages

Jumat, 17 April 2015

Keunggulan Bersaing Melalui Keterlibatan Masyarakat Dalam MBS di SDN Konang 2 Pamekasan

Kegiatan pembelajaran di sekolah sangat beragam menuntut para pengelola untuk berani menemukan peluang,  menyukai  tantangan ,meningkatkan daya saing dengan berbagai strategi manajemen berbasis sekolah  (MBS).  Tentu ini semua dilakukan agar sekolah dapat menorehkan hasil yang optimal sesuai kebutuhan masyarakat sekaligus meraih prestasi diberbagai bidang pada ajang kompetisi tingkat regional,nasional sampai internasional.  Oleh karena itu MBS merupakan salah cara untuk mencapai standar pengelolaan yang dapat mewujudkan semua harapan pengelola sekolah.

 Sebagaimana ditetapkan melalui Permendiknas nomor 19 tahun 2007, Standar pengelolaan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan ,pelaksanaan dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan ,kabupaten/kota,provinsi atau nasional agar tercapai efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan pendidikan.


Melibatkan masyarakat untuk peduli pada kegiatan proses pembelajaran di sekolah apalagi di kabupaten Pamekasan membutuhkan kiat dan strategi yang jitu seperti yang dilakukan oleh SDN Konang 2 Pamekasan, sekolah yang terletak di jalan Raya  Konang  Kecamatan Galis ini memiliki Visi  Mengembangkan SDM Seutuhnya yang berkualitas  dan mempunyai keunggulan Kompetitif. 

Menurut Norman Longworth dalam bukunya lifelong Learning in Action ,tranforming Education in the 21 st Century, mengatakan Every person in the school has a continous improvement plan for academic and personal skill/ knowledge development into management system  and part related the management school development plan.

Menurut Ibu Sariati,SPd,SD selaku kepala SDN Konang 2,Melibatkan peran serta masyarakat dalam MBS dimulai dari Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT). Masyarakat atau Orang tua siswa diharapkan dapat memberikan informasi tentang keterbatasan kondisi sekolah dengan harapan orang tua siswa dan masyarakat untuk menemukan jalan keluarnya.

 Dengan melibatkan orang tua siswa dan masyarakat sekolah diharapkan dapat memiliki informasi yang akurat  yang berguna untuk pengembangan  dan peningkatan di masa mendatang. Sekolah dapat mengidentifikasi peluang yang bisa dikembangkan untuk pengembangan terbaik kompetensi anak didik. Sehingga sekolah dapat menyelenggarakan pelayanan prima pendidikan  sesuai dengan harapan masyarakat.

Ketika saya tanyakan bagaimana caranya “mengedukasi “ masyarakat Pamekasan agar memiliki kepedulian yang tinggi, bu Sriati menjelaskan bahwa  dimulai  dari bersilaturahmi kepada Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat (ulama ) untuk menjelaskan pentingnya peran masayarakat dalam mendukung penyelenggaraan kegiatan pembelajaran disekolah.

Hasilnya memang sangat membanggakan masyarakat  khususnya orang tua siswa mendukung sepenuhnya program yang “ditawarkan “ sekolah seperti kesediaan untuk mengadakan disiplin waktu belajar anak, perpustakaan sekolah,sudut baca ditiap ruang kelas dan terlibat dalam berbagai pembinaan kegiatan ektrakulikuler seperti pendampingan pada kegiatan seni hadrah.

Mengingat masyarakat kabupaten Pamekasan merupakan masyarakat yang agamis ,maka fokus pendidikan karakter kepada peserta didik merupakan kewajiban sekolah disamping tentunya tuntutan prestasi juga tidak diabaikan. Pendidikan karakter yang dikembangkan di SDN Konang 3 Pamekasan adalah merupakan kegiatan penanaman  pembiasaan pembiasaan  yang baik sehingga  peserta didik  mampu bersikap dan bertindak berdasarkan nilai nilai yang telah melekat dalam kepribadiannya.  

Sedangkan untuk mengasah life skill para siswa diberikan bekal melalui  ektra kulikuler keterampilan,yakni memanfaatkan bahan bekas menjadi karya kreatif seperti pemanfaatan stik ice cream untuk  handy craft  dsb.

Berbagai dukungan diberikan oleh Stake Holder  kepada SDN Konang 2 Pamekasan  yang telah meraih berbagai prestasi termasuk Prestasi dalam MBS. USAID pun telah memilih sekolah ini menjadi mitra untuk pengembangan mutu pendidikan di Indonesia khususnya di kabupaten Pamekasan.

Tak dapat dipungkiri keberhasilan pendidikan terletak pada ssekolah ,masyarakat dan pemerintah dan SDN Konang 2  Pamekasan telah membuktikannya.  

Daftar Pustaka

Konsep Kehumasan Sekolah Indonesia Kank Hari

Naskah Ragam Pendidikan Jawa Timur Prod UPT Tekkomdik Dinas Pendidikan Jawa Timur : SDN Konang 2   Pamekasan   . 

0 komentar:

Posting Komentar