Pages

Selasa, 11 Oktober 2016

Materi Workshop Humas Sekolah : Visi , MIsi dan Integritas MBS berbasis PANCASILA (1)




Tidak banyak siswa dan guru yang hafal benar visi , misi , dan integritas sekolahnya. Hal tersebut  tentu saja seperti orang yang naik bis, kereta api  atau pesawat terbang  tapi tidak tahu akan pergi  kemana, fatal..!.

 Maka bisa dimaklumi kalau capaian prestasi sekolah umumnya datar datar saja , bahkan sekolah satu dan sekolah lainnya tidak bisa dibedakan kecuali hanya sederet nama sekolah tanpa identitas , intergritas dan image yang jelas, clear dimata stakeholder dan media massa. 

Visi , Misi dan Integritas sekolah bukan sekedar jargon atau pajangan yang menghiasi dinding ruang tamu sekolah namun harus menjadi ruh pelayanan pendidikan terutama dikalangan pendidik dan  tenaga kependidikan. Karena sekolah saat ini harus dapat mengembangkan  MBS  dengan karakter kearifan local  sesuai dengan nilai nilai Pancasila tidak cukup hanya menjalankan pelayanan pendidikan sesuai tuntutan kurikulum yang berlaku. 

Secara sederhana Visi diterjemahkan sebagai tujuan yang ingin dicapai sekolah , oleh karena itu dalam setiap periode diperlukan evaluasi sampai sejauh mana seluruh kru telah mencapai tujuan itu.

Misi , adalah pelayanan pendidikan  yang dilakukan , dibiasakan dan di upayakan sebagai rutinitas keseharian yang mewarnai proses pembelajaran di sekolah itu. Misalnya misi sekolah membentuk insan  cerdas bertaqwa , maka setiap pendidik semestinya dapat memberikan keteladanan prilaku taqwa dalam keseharian yang tercermin dari akhlak yang penuh kasih saying kepada peserta didik. Sekaligus sebagai implementasi dari kompetensi social dan kompetensi kepribadian pendidik dan tenaga kependidikan  sebagaimana  tertera dalam Undang Undang Guru dan Dosen.   

Integritas adalah kesungguhan seluruh elemen penyelenggara pendidikan dalam menjalankan visi misinya sehingga tercermin sebagai identitas dan karakter sekolah bersangkutan. Sehingga sekolah tersebut menjadi lebih bisa dikenal dan dibedakan keunikan serta keunggulan pelayanan pendidikan dimata stake holder. 

Lantas bagaimana dengan Visi, Misi dan Integritas sekolah anda..?
 Worksop  bersama : Kank Hari Santoso , Pakar /Praktisi Humas Sekolah Berkarakter Pancasila
Contoh Penerapan Implementasi Visi , Misi Dan Integritas Sekolah
SMKN 3 Pamekasan 




0 komentar:

Posting Komentar