Sabtu, 19 Oktober 2013

MEDIA PEMBELAJARAN DAN KURIKULUM 2013

      Pengantar  Diklat  PENGEMBANGAN KREATIFITAS DAN  IMAJINASI  PESERTA DIDIK MELALUI MULTI MEDIA  Oleh Kank Hari Santoso .Konsultan TIK Pendidikan Karakter dan MSDM . 






        Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.  sumber;Salinan-Permendikbud-No.-68-th-2013-ttg-ttg-KD-dan-Struktur-Kurikulum-SMP-MTs..


             Sedangkan Komponen Standar Proses Pembelajaran adalah: Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang  interaktif ,inspiratif,menyenangkan,kreatif,menantang dan memotivasi  peserta didik dengan.Indikator; 1.Peran guru dalam melaksanakanpembelajaran sesuai rencana pembelajaran  yang interaktif ,inspiratif ,menyenangkan dan menantang mencakup  kegiatan  pendahuluan inti dan penutup 2.Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama  untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi serta konfirmasi.

            Seorang guru   diharapkan  memiliki kecakapan dalam melaksanakan kegiatan /proses belajar –mengajar dengan ,penguasaan materi pelajaran,ketepatan /kecakapan pemilihan pengunnan materi mengajar ,ketepatan pemilihan metodologi dan media serta sumber belajar hingga  menyiapkan alat evualasi  yang efektif. .
Hal yang perlu diperhatikan para guru  adalah  menciptakan sebuah  metode pembelajaran yang dapat merancang siswa untuk secara aktif melakukan  interaksi  dengan berbagai sumber belajar .Melalui  penyediaan media dan metode pembelajaran yang tepat  siswa dapat aktif berinteraksi dengan sumber belajarnya.Peran guru dituntut bertindak sebagai coach  ,mentor ,instructor ,facilitator    dan motivator .

contoh  interaktif "pembelajran" menggunakan audio 







           Dengan  memiliki keterampilan dalam penulisan media audio visual sebagai sarana menciptakan sumber dan media pembelajaran siswa  ,diharapkan dapat
·         Dapat meng identifikasi kaitan antara belajar ,sumber belajar dan media belajar.
·         Memahami manfaat media pembelajaran dalam materi pelajaran yang diampunya .
·         Memilih jenis media yang sesuai dengan topik dan tujuan pembelajaran tertentu dalam pembelajaran kepada peserta didik .

          Proses kegiatan belajar mengajar adalah proses interaksi dan komunikasi yaitu proses penyampaian pesan dari pendidik melalui media tertentu kepada peserta didik . Media pembelajaran  sebagai sarana  untuk menyalurkan pesan pendidik sehingga dapat terciptanya suasana pengalaman  membelajarkan siswa /experiential learning  yang mempengaruhi pikiran ,perasaan perhatian dan kemauan peserta didik.

        Agar pemanfaatan media pembelajaran audio –video  menjadi efektif  seorang guru harus dapat merencanakan ,merancang dan menggunakannya secara efektif.Cara pemanfaatan media pembelajaran  dengan  kebutuhan dan karakteristik masing masing media yang telah dipilih.Ambil contoh:
·         Disajikan dengan diputar penuh dari awal hingga akhir  diikuti dengan tanya jawab dikusi serta evaluasi.
·         Disajikan per bagian ,diselingi penjelasan ,tanya jawab dan evaluasi
·         Dijelaskan terlebuh dahulu selanjutnya diputarkan tayangan audio video dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab serta evaluasi.


contoh :media pembelajaran berbasis video 






  
       Pada dasarnya media pembelajaran dimanfaatkan untuk menunjang  tercapainya tujuan tertentu  dipadukan dengan proses belajar mengajar dalam situasi kelas  .Maka seorang guru harus memperhatikam tujuan pembelajaran yang ingin dicapainya sekaligus mempertimbangkan  tahapan persiapan ,pelaksanaan dan tindak lanjut sehingga proses membelajarkan siswa dapat berhasil dengan maksimal termasuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

        Semoga dengan apa yang telah kita pelajari bersama dapat menambah wawsan ,pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas mencerdaskan kehidupan anak bangsa .

acaraWorkshop Penulisan naskah.




3 komentar:

  1. Konsultasi & Pembuatan Media Pembelajaran, Game Edukasi, Animasi, Kuis, Presentasi, Template & Source Code Flash/Android
    PSC Indonesia | WA. 0815 797 4549 | BBM. 7585807C
    www.pscindonesia.com

    BalasHapus
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus