http://padepokanguru.org/"

Photobucket

Jumat, 07 Desember 2012

Kiat Guru Menghadapi Perubahan Kurikulum 2013 (Karakter Guru Profesional) .


Kank ,saya rasa tidak semua guru dapat menyesuaikan diri dengan perubahan kurikulum . lantas apa yang mesti saya lakukan...?



 
 Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. Al Imran 139

Mengingat aspek filosofi Kurikulum 2013 adalah berorientasi pada basis  pada kompetensi ,maka sebagai guru anda pun dituntut untuk memiliki kompetensi yang tumbuh dan berkembang karena itu penting bagi anda untuk :

Analisa Kompetensi Diri Anda

Menganalisa kompetensi inti (core competence ) meliputi kompetensi profesional dalam hal ini apakah anda benar benar seorang yang guru yang ahli pada bidang keilmuan yang anda miliki sehingga anda dapat  mentransfer ilmu secara tuntas kepada peserta didik. Jika belum maka anda harus meningkatkan kualitas ilmu yang anda kuasai,melanjutkan kuliah,mengikuti  seminar ,membaca buku ,searching Web dsb.

 Kompetensi pedagogik ,apakah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran anda masih menggunakan cara cara lama ,seperti berceramah saja..? padahal ada banyak metode pembelajaran yang bisa dikembangkan,Resources base learning : pembelajaran berbasis  sumber daya yang ada di lingkungan,untuk mengeksplorasi aspek kognitif dan psikomotor  peserta didik.Case/Problem  Base learning : siswa diberi kan persoalan yang memiliki relevansi dengan ilmu yang dipelajarinya. Simulation base learning,siswa di berikan kesempatan untuk melakukan berbagai eksperimen dan percobaaan guna meningkatkan pengalaman belajarnya. Collaboration base learning : siswa diberikan tugas kelompok untuk menemukan mengolah data menjadi sebuah laporan hasil eksperimen yang dilakukan menggunakan TIK.


Kompetensi Sosial : relasi  dengan siswa adalah relasi horizontal ,artinya seorang guru harus dapat menggangap siswa adalah mitra belajarnya. Sehingga siswa dapat tumbuh kembang rasa ingin tahunya menjadi proses  pembelajaran .Guru sebaiknya tidak tergesa gesa  melable anak bermasalah dikelas sebagai anak nakal ,agar guru bersangkutan dapat mengobservasi latar belakang permasalahan anak bermasalah. Dengan menjadi sahabat siswa guru dapat menganalisa perilaku siswa berdasar latar belakangnya sehingga mudah bagi guru untuk berkomunikasi,memberi nasihat dan mengarahkan anak menuju perilaku yang direncanakan.Kompetensi ini memudahkan guru untuk merancang rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kebutuhan dan kondisi real peserta didik yang dihadapinya.

Kompetensi kepribadian : anda sebagai guru harus dapat mengenali diri sendiri ,terutama dalam aspek emosi,konsep diri dan cara berpikir . Dimulai dari konsep diri  seorang guru harus  memiliki cara pandang  ,paradigma berpikir bahwa guru adalah profesi mulia untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa . lantaran itulah maka upaya guru adalah untuk memberikan pelayanan prima untuk kepentingan terbaik  peserta didik . Guru harus optimis dalam menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan dalam menjalankan profesinya baik akibat perubahan kurikulum  maupun perubahan tingkah laku peserta didik. Sementara itu guru dituntut untuk memiliki kecerdasan emosi yang prima (EQ) terutama dalam mengendalikan emosi marah,cemas dan tidak berdaya agar tindakan kekerasan terhadap siswa tidak terjadi lantaran guru tidak dapat mengelola emosinya.

Suka tidak suka ,perubahan akan terus terjadi ,maka guru siap tidak siap harus menyesuaikan diri..
 


1 komentar:

  1. buat tmen2 yg g' mw report isi pulsa hp dan listrik, g' perlu keluar rumah, cukup hanya dari hp atau dari genggaman anda saja, untuk temen2 yg gila bisnis yg mw bikin konter pengisian pulsa hp dan listrik, tunggu apa lagi segera gabung di bisnis yusuf mansur ini, produk halal dan banyak keuntungan dan kemudahan kunjungi WEBSITE: http://leadervsi.com/wan-vsi

    BalasHapus