http://padepokanguru.org/"

Photobucket

Jumat, 06 Juli 2012

Seni Menentukan Daya Serap Konsentrasi Belajar Siswa


Bagi kami metode pembelajaran apapun yang penting adalah bagaimana siswa dapat menyerap pelajaran dengan mudah.Oleh sebab itu perlu bagi kami mengambil keputusan untuk mencari cara dan metode  yang pas dalam kegiatan belajar mengajar.Mohon kank hari dapat memberikan tips Praktis bagi sekolah kami..?


Kegiatan pembelajaran harus dapat membangkitkan gairah belajar siswa dan meningkatkan prestasi ,serta siswa lebih memiliki harga diri positif.atau saya menyebutnya sebagai value of learning .Siswa merasa bangga dan bahagia dalam kegiatan pembelajaran.Value berarti besarnya”pengorbanan’ siswa  untuk mrndapatkan kemanfaatan dalam kegiatan belajarnya.karena itu metode pembelajaran yang dapat menstimulasi gairah belajar siswa merupakan turning point menentukan efektifitas kegiatan belajar dan mengajar dan sekaligus sebagai peta membangun kompetensi dan prestasi siswa.

Perlu disadari bahwa tidak ada metode pembelajaran baku untuk sebuah pendekatan pengajaran kepada  siswa ,teaching approach,lantaran perubahan prilaku siswa dalam belajar menentukan daya serap dan kompetensinya.Sekeras apapun anda menerapkan metode pembelajaran yang pernah anda terapkan bebrapa tahun yan lalu untuk siswa saat ini tidak akan berhasil jika anda tidak memahami ternd perilaku siswa dalam belajarnya. Perubahan siswa dalam belajar harus anda imbangi dengan strategi yang pas,agar siswa dapat menikmati kegiatan belajarnya.

Jika siswa anda tidak terlalu menyukai dan kesulitan menyerap informasi .mata pelajaran didalam kelas dengan metoode kegiatan belajar mengajar diperlukan strategi lain.Minat besar siswa pada gadget dan ICT semestinya dapat anda imbangi dengan menciptakan metode dan media pembelajaran   berbasis ICT secara interaktif seperti  ,game pembelajaran,searching,creative,simulation dsb . Sementara kegiatan outdor activity dan praktikum adalah menciptkan pengalaman belajar siswa yang menyenangkan.

Aktivitas”bermain “  berbasis minat siswa yang merupakan metode pembalajaran, dapat membuat siswa berpersepsi belajar itu mudah dan menyenangkan sehingga lebih mudah baginya menyerap pelajaran dengan lebih baik.

Sebaliknya jika pembelajaran dilakukan didalam kelas ,maka menciptakan metode pembelajaran yang mengakomodasi need of power dan need of recognation siswa dapat dikembangkan seperti adu debat,presentasi siswa,tanya jawab,role playing ,teater sains ,sosiodrama dsb. Sehingga siswa dapat mendesain sendiri proses memori yang tak terlupakan dari pengalaman belajarnya sendiri,long term memory . Analisa  perilaku belajar siswa dan sensitivitas  selama kegiatan pembelajaran berlangsung akan memudahkan bagianda menentukan strategi yang tepat meningkatkan daya serap belajar siswa.


Disamping metode pembelajaran secara praktis penentuan media belajar,alat peraga dan cara berkomunikasi menentukan daya konsentrasi belajar siswa .Selanjutnya seorang guru juga perlu mempertimbangkan aspek psikologis  dan aspek keberbakatan siswa dalam materi pelajaran. Misalnya untuk pembelajaran matematika sudah segala macam cara diberikan guna mningkatkan konsentrasi dan kompetensi siswa dalam mata pelajaran tersebut ,namun siswa tetap tidak mencapai target yang memuaskan ,maka seorang guru patut mencarai alasan latar belakang psiologis dan bakat siswa pada bidang mata pelajaran matematika.Bisa lantaran konflik psikologis membuat dirinya kehilangan konsentrasi atau justru malah sebenarnya siswa lebih berbakat pada bidang selain matematika.

Lebih anda menggunakan class room reasearch atau minimal melakukan pendekatan secarapersuasive kepada siswa daripada anda terus menerus men drill nya dengan berbagai hapalan teori dan latihan soalnya yang sulit dimengerti oleh siswa. Untuk itu memang diperlukan seni mengelola daya serap konsetrasi belajar siswa..!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar